musik

Selasa, 30 Mei 2017

Logoterapi

LOGOTERAPI
Awalnya Logoterapi diperkenalkan oleh Victor Frankl yaitu seorang dokter ahli penyakit syaraf dan jiwa. Kata logosterapi berasal dari bahasa yunani yaitu “logos” bearti makna ( meaning) dan Rohani ( Sprititualitiy), sedangkan terapi yaitu penyembuhan atau pengobatan. Logosterapi secara umum dapat digambarkan sebagai corak psikologi/ psikiatri yang mengakui adanya dimensi kerohanian pada manusia di samping dimensi ragawi dan kejiwaan, serta beranggapan bahwa makna hidup dan hasrat untuk hidup bermakna merupakan motivasi utama manusia guna meraih taraf kehidupan bermakna yang didambakannya. Terdapat tiga asas utama logoterapi yang menjadi inti dari terapi ini:
1.      Hidup itu memiliki makna (arti) dalam setiap situasi, bahkan dalam penderitaan dan kepedihan sekalipun.
2.      Setiap manusia memiliki kebebasan yang hampir tidak terbatas untk menentukan sendiri makna hidupnya
3.      Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengambil sikap terhadap peritistiwa tragis yang dapat diletakkan lagi yang menimpa dirinya sendiri dan lingkungan sekitar.
Tujuan logo terapi adalah agar setiap pribadi:
a.       Memahami adanya potensi dan sumber daya rohaniah yang secara universal ada pada setiap orang terlepas dari ras, keyakinan dan agama yang dianutnya;
b.      Menyadari bahwa sumber-sumber dan potensi itu sering ditekan, terhambat dan diabaikakn bahkan terlupakan
c.       Memanfaatkan daya-daya tersebut untuk bangkit kembali dari penderitaan untuk mampu tegak kokoh menghadapi berbagai kendala, dan secara sadar mengembangkan diri untuk meraih kualitas hidup yang lebih bermakna.
Pandangan logoterapi terapi terhadap manusia yaitu:
a.       Manusia merupakan kesatuan utuh dimensi ragawi, kejiwaan dan spiritual.
b.      Manusia memiliki dimensi spiritual yang terintegrasi dengan dimensi ragawi dan kejiwaan.
c.       Manusia mampu melakukan self-detachment, yakni dengan sadar mengambil jarak terhadap dirinya serta mampu meninjau dan menila dirinya sendiri
d.      Manusia adalah makhluk yang terbuka terhadap dunia luar senantiasa berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan sosial budaya serta mampu mengolah lingkungan fisik di sekitarnya.
Logoteapi sebagai teori kepribadian
Kerangka berpikirnya adalah sebagai berikut:
Setiap manusia ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Dalam pandangan logo terapi kebahagiaan itu tidak datang begitu daja tetapi merupakan akibat sampingan dari keberhasilan seseorang memnuhi keinginannya untuk hidup bermakna. Seseorang yang mengalami keberhasilan maka ia merasakan kebermaknaan hidup, begitu juga sebaliknya.
Logoterapi sebagai salah sati metode konseling
            Logoterapi digunakan untuk menolong klien untuk mencari dan menemukan makna eksistensi diri yang sepenuhnya. Hal ini berarti menolong klien bukan hanya untuk melihat kemungkinan-kemungkinan dari nilai hidup yang memberi makna tetapi juga menemukan relevansi dari nilai-nilai tersebut dalam kehidupan peribadinya. Logoterapi biasanya digunakan untuk klien-klien PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), karena orang yang mengalami stress akibat trauma biasanya menyalahkan diri sendiri atau menyalakan orang lain atas kejadian terebut.

KESIMPULAN
             Logoterapi merupakan terapi yang digunakan dengan memandang makna hidup sebagai tindakan terapi. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita baik itu baik maupun tidak itu merupakan suatu nikmat yang harus diterima oleh manusia. Sehingga dengan kita menerima semua nikmat yang diberikan kita dapat memaknai hidup kita dengan baik. Dengan logoterapi klien diharapkan dapat termotivasi untuk tetap tegar dalam mengahadapi setiap kejadian dalam hidupnya.

kelompok 
Bella Apriana
Marlinda Diah N
Nadia Ulfha
Polina Arienday 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar